Selamat Datang di Various Blog Info

Rabu, 04 Mei 2011

5 Istana Termegah Didunia


Istana merupakan salah tempat bangunan yang paling ingin dikunjungi banyak wisatawan. Apalagi jika istana tersebut memiliki nilai sejarah pada masa tertentu.

Eropa merupakan salah satu benua di dunia yang paling banyak peninggalan istananya. Dari masa Yunani, Romawi, hingga kerajaan yang kini hanya menjadi simbol saja di negara-negara tertentu, seperti Inggris.

Dan dari semua istana megah yang pernah dibangun di sepanjang peradaban umat manusia, berikut ini adalah 5 istana yang menarik untuk dikunjungi:

Blenheim Palace, Oxfordshire, Inggris
[Image: di-727H.jpg]
Blenheim Palace adalah rumah bagi keluarga bangsawan Duke dan Duchess of Marlborough ke-11, dan merupakan tempat kelahiran Sir Winston Churchill. Terbentas di atas lahan seluas 2.100 hektar, istana megah ini dikelilingi oleh rumput hijau yang seperti lapangan, taman yang indah dan berdanau dengan desain yang menawan dan sering memenangkan penghargaan, istana Blenheim menawarkan pengalaman 'hari di taman' yang tak terlupakan.

Dolmabahce Palace, Istanbul, Turki
[Image: dolmabahcepalaceistanbu.jpg]
Istana Dolmabahce terletak di tepi Selat Bosporus dan difungsikan sebagai pusat administrasi kekaisaran Ottoman. Istana ini terbagi dalam tiga bagian, yaitu Mabeyn-i Humayun (area khusus untuk pria), Muayede Salonu (area perjamuan dan upacara resmi) dan Harem-i Humayun (area keluarga Sultan). Dengan luas sekitar 45.000 m2 dan berisi 285 kamar dan 46 aula, Dolmabahce Palace adalah lokasi kediaman yang sempurna.

Potala Palace, Lhasa, Tibet
[Image: 55qrlc.jpg]
Istana Potala, istana musim dingin Dalai Lama sejak abad ke-7, melambangkan keagungan ajaran Budha Tibet dan memiliki peran sentral dalam kegiatan administrasi dalam kehidupan tradisional Tibet. Kompleks istana yang terbagi menjadi dua, yaitu Istana Putih dan Istana Merah, serta pondasi pendukungnya, dibangun di ketinggian 3.700 m di Lembah Merah. Karena lokasinya yang sangat tinggi, istana ini juga sering disebut sebagai 'Mutiara di Atap Dunia".

Summer Palace, Beijing, Cina
[Image: 24dfqx4.jpg]
Istana Musim Panas adalah istana terbesar dan sekaligus taman kekaisaran yang paling terpelihara di China. Dalam bahasa aslinya, istana ini bergelar YiHeYuan, atau Taman Harmoni dan Kesehatan. Seperti namanya, Istana Musim Panas hanya digunakan sebagai istana liburan keluarga besar kaisar China di musim panas. Di hari-hari biasa, mereka tinggal di balik dinding istana kekaisaran utama yang terkenal dengan nama the Forbidden City di pusat kota.

Winter Palace, St Petersburg, Rusia
[Image: 2dgkjn5.jpg]
Istana Musim Dingin di Saint Petersburg, Rusia, merupakan kediaman resmi Tsars Rusia. Bangunannya sendiri dirancang oleh banyak arsitek ternama, termasuk Bartolomeo Rastrelli yang mempopulerkan gaya Baroque Elizabeth. Istana dengan semburat warna hijau dan putih ini memiliki bentuk persegi panjang yang benar-benar memanjang. Dari perkiraan yang meyakinkan, istana ini memiliki 1.786 pintu, 1.945 jendela, 1.500 kamar dan 117 unit tangga. Tampak muka bangunan istana memiliki panjang 250 m dan tinggi 100 kaki. Benar-benar kediaman seorang penguasa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites